Top Secret adalah produsen suku cadang dan tuner mobil dari Jepang, yang dikenal karena sering ngebut di jalan raya atau jalan tol secara ilegal dengan warna cat emas ikonik di setiap mobil tuningannya.
Tidak hanya itu setiap mobil yang dibuat menggunakan spesifikasi-spesifikasi gak wajar yang membuat nama sang owner Kazuhiko Nagata menjadi salah satu nama yang wajib diperhitungkan di deretan legenda dunia otomotif dunia.
Kuy baca lebih lanjut untuk mengetahui asal-usul Kazuhiko Nagata hingga ia dijuluki sebagai Smokey Nagata
Dalam dunia teknik otomotif dan balap jalanan, nama Smokey Nagata adalah salah satu yang dibisikkan dengan penuh hormat. Pendiri salah satu tuner mobil dan produsen suku cadang paling populer di dunia –Top Secret Co. –dan seorang pembalap legendaris, Kazuhiko “Smokey” Nagata mewujudkan apa artinya menjadi 'pria mobil' di tahun 80-an, dengan namanya menjadi bisa dibilang identik dengan balap bawah tanah, seperti Toyota AE86 .
Tapi itu stunt kembali legendaris pada 4 November th 1988 di British A1 (M) yang melambungkan Smokey dari ahli mobil dewa tuning
Smokey Nagata dan Legenda Doubleton Run
Secara umum, jalan raya Inggris memiliki batas kecepatan 70mph. Smokey, bagaimanapun, ingin pergi hampir tiga kali lipat itu. Pada pukul 4 lewat sedikit, Smokey menginjak pedal ke logam dan membawa Toyota Supra 1.003bhp-nya yang dimodifikasi berat dan meluncur di jalan raya. Tujuannya? Pukul 200mph.
Ada, Namun, beberapa komplikasi: pertama, mesin itu berjalan ramping, yang berarti bahwa campuran udara-ke-bahan bakar terlalu ringan, dan kedua, kap mobilnya adalah ini dekat dengan yang meledak di suatu tempat sekitar tanda 190mph. Pada akhirnya, Smokey gagal mencapai dua ton, tetapi masih mencatat 194mph yang sangat mengesankan, 20mph penuh lebih dari Mazda RX-7 .
Sangat mengesankan, tetapi juga sangat ilegal: saat Smokey melambat untuk menghargai kemenangannya, polisi mengejar dan menangkapnya. Smokey Nagata dipenjara At Her Majesty's Pleasure, yang merupakan cara Inggris untuk mengatakan "kami akan menahan Anda di penjara untuk jangka waktu yang tidak terbatas".
Untungnya, Smokey Nagata hanya menghabiskan satu malam di sel penjara Inggris, hukuman yang relatif ringan yang, sejujurnya, tidak akan pernah terjadi hari ini. Sehari setelah pembebasannya, Smokey memesan penerbangan berikutnya ke Jepang, dan kabar tentang doubleton run-nya – didokumentasikan pada VHS definisi tinggi – mulai membuat putaran di kancah balap bawah tanah, dan dengan demikian, sebuah legenda lahir.
Siapa Smokey Nagata? Kehidupan Awal di Jalur Cepat
Dengan reputasinya sebagai iblis kecepatan dan jenius auto-tuning, tidak mengherankan bahwa asuhan Smokey Nagata dipenuhi dengan mobil cepat dan mekanik yang mengutak-atik.
Lahir di Hokkaido pada tahun 1964, Smokey Nagata tumbuh di bagian provinsi Jepang, dengan lahan pertanian yang indah dan perbukitan yang membingkai kota kecilnya. Meskipun demikian, ayah Smokey sudah bermain-main dengan mobil, memberi Smokey obsesi seumur hidup dengan mobil.
Pada usia 15, ia telah membeli mobil pertamanya, Mitsubishi Galant GTO. Meskipun berada di sekitar ayah mekanik, Smokey berjuang untuk memperbaikinya. Untungnya, Smokey diperhatikan oleh bos Toyota lokal dan insinyur yang lebih tua membantu calon autotuner untuk mengubah Galant GTO-nya menjadi mobil balap yang layak.
Didorong oleh keterampilan barunya, Smokey mulai mengendarai mobilnya ke sekolah. Sayangnya, usia legal mengemudi di Jepang adalah 16 tahun, dan Smokey dengan cepat dikeluarkan.
Sebuah berkah terselubung, ternyata karena bos Toyota setempat merasa bertanggung jawab atas dikeluarkannya Smokey dari sekolah, jadi dia malah menawarinya pekerjaan di perusahaan mobil bergengsi. Saat itu, Smokey Nagata baru berusia 16 tahun, menjadikannya karyawan termuda yang dimiliki Toyota saat itu.
Sayangnya, Smokey Nagata hanya bertahan 4 tahun di Toyota sebelum dipecat. Ini bukan karena dia bukan pekerja keras; untuk semua maksud dan tujuan, Smokey adalah pekerja keras pekerja keras yang dengan cepat mengambil teknik teknik yang kompleks dengan cepat. Masalahnya adalah dia menjadi terlalu baik: dia mengambil keterampilan yang dia pelajari di Toyota dan menerapkannya pada Toyota Celica bekasnya di samping.
Tanpa sepengetahuan bosnya, Smokey telah menyetel mobilnya dan mengasah keterampilan mengemudinya di dalam dan sekitar pegunungan Hokkaido. Namun, para petinggi Toyota tidak menyukai hal ini, dan dia dibohongi.
Dengan tidak adanya tempat lain baginya untuk bekerja dan dengan tidak adanya adegan balap, Hokkaido tidak lagi memenuhi kebutuhan Smokey akan kecepatan. Maka dengan keterampilan yang dia pelajari dari Toyota, daftar periksa perjalanan , dan pakaian di punggungnya, Smokey pindah 800 mil ke selatan ke ibu kota Jepang dan dunia auto-tuning: Tokyo.
Kelahiran Top Secret V12 Supra
Di Tokyo, Smokey memotong gigi autotuningnya lebih jauh di perusahaan tuning Trust. Namun, ia diserahi pekerjaan 'kasar' seperti mengerjakan knalpot dan turbo. Tapi ini hanya mendorong selera Smokey Nagata untuk menyetel lebih banyak, dan sekali lagi, selama jam istirahatnya, dia akan mengambil mobil dan meraciknya di garasi perusahaan.
Tentu saja, bosnya mengetahuinya, tetapi tidak seperti di Toyota, mengizinkannya untuk tetap tinggal karena, yah, dia adalah salah satu pekerja mereka yang paling terampil. Beginilah cara perusahaan legendaris Smokey mendapatkan namanya: itu adalah proyek Top Secret yang dibagikan antara dia dan bosnya di Trust.
Untuk tuner mobil mana pun, nama Top Secret identik dengan legenda : mereka adalah perusahaan di balik Skyline GT-R bertenaga V-8 yang legendaris dan V-12 Supra twin-turbo. Orang bisa mengatakan bahwa Top Secret –bersama dengan Trust dan Greedy – berada di garis depan kebangkitan tuning otomatis tahun 90-an, dengan perusahaan-perusahaan ini memasok pembalap bawah tanah baik di Jepang dan AS dengan mesin tercepat.
Selama di Jepang, berbagai tuner dan pembalap akan bersaing untuk memecahkan rekor kecepatan maksimal setelah rekor kecepatan maksimal, dengan Aqua-line yang sekarang terkenal – jalan raya sepanjang 9,6 km di bawah Teluk Tokyo – menjadi trek balap pilihan untuk semua JDM ini.
Di lini Aqua itulah Smokey Nagata dan Top Secret mulai membangun reputasi untuk kecepatan: R33 Skyline GT-R miliknya berhasil melaju 0–300kph dalam 17 detik di trek balap Yatabe sebelum menembus 204mph di Aqua-line. Yang terakhir ini sering dianggap sebagai inti dari ide untuk lari doubleton A1(M).
Smokey Nagata: Dimana Dia Sekarang?
Lebih dari 20 tahun kemudian, kecepatan hampir 200mph yang legendaris Smokey Nagata di A1(M) masih merupakan kecepatan tercepat yang pernah dicapai di jalan raya Inggris. Rekor ini bertahan bukan hanya karena itu ilegal tetapi juga karena, yah, tidak ada tuner otomatis lain yang bisa menandingi keahlian Smokey Nagata.
Semuanya adalah aksi PR untuk mempromosikan Top Secret secara internasional, tetapi ketika dia ditangkap, Smokey mengira dia sudah selesai. Tidak sampai dia mendarat di Jepang ketika dia menyadari bahwa berita telah menyebar tentang upaya A1-nya, dan itu mendapatkan jenis perhatian yang dia inginkan. Faktanya, berita menyebar begitu cepat dan sejauh ini seorang Pangeran Emirat benar-benar membeli Supra Smokey yang digunakan.
Setelah Pangeran Emirat membeli Supra kembali di '98, Smokey kembali dan menyetel Supra lain dengan menampar pada 5.0L V-12 dia turun dari Toyota Century, memasang dua HKS GT2540 Turbos, dan menjalankan pendinginan melalui bagasi menggunakan miliknya bodykit Rahasia Top sendiri. Dia merancang mobil ini untuk mencoba dan memecahkan 400kph, atau 249mph.
Setelah upaya yang gagal di Nardò Ring di Italia, di mana ia mampu mendorong mobil ke 358kph atau 222mph, Smokey membawanya pulang ke Aqua-line. Ia berhasil mencapai 370kph, atau 229mph, masih kurang dari target 400kph/249mph. Mobil itu dijual dalam sebuah lelang pada tahun 2017 .
Meskipun legenda lari 200mph Smokey Nagata cukup terkenal di kancah balap bawah tanah, itu hanya menjadi lebih luas di tahun 2010-an, berkat YouTube dan media sosial. Dan lebih dari 20 tahun sejak lari legendarisnya, Smokey Nagata masih sibuk dengan Top Secret: dia ingin menembus target 400kph . Dan sejujurnya, itu adalah rekor yang tidak sabar untuk kami pecahkan
0 Response to "SMOKEY NAGATA | tuner gila yang anti 2jz"
Posting Komentar